JAKARTA – Toyota berhasil melewati 2012 dengan membukukan rekor penjualan sebanyak 405.414 unit atau tumbuh 30,5% dibandingkan dengan 2011. Pencapaian ini diraih berkat pertumbuhan penjualan di semua segmen kendaraan.
Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Johnny Darmawan, menyebutkan tahun lalu merupakan salah satu tahun yang penuh tantangan bagi pasar otomotif nasional maupun Toyota. Hal itu dikarenakan adanya sejumlah faktor yang sempat dikhawatirkan dapat mempengaruhi laju pertumbuhan, seperti kebijakan terkait dengan down payment (DP) dan wacana pembatasan BBM.
Toyota bersyukur mampu melewati tahun lalu dengan pencapaian yang menggembirakan. Keberhasilan yang diraih Toyota sepanjang tahun lalu tidak terlepas dari kepercayaan dan kesetiaan para pelanggan atas produk, teknologi, dan layanan yang selalu diutamakan Toyota, mulai dari pra jual hingga purna jual,” ujar Johnny, hari ini.
Selain berkat kepercayaan dan kesetiaan para pelanggan, tuturnya, pertumbuhan penjualan Toyota maupun pasar otomotif secara nasional, juga tidak terlepas dari kinerja pemerintah yang mampu menjaga stabilitas perekonomian dalam negeri.
Lebih lanjut, Johnny menyebutkan penjualan sepanjang tahun lalu ditutup dengan torehan 34.427 unit pada Desember 2012. Penjualan di bulan terakhir tahun lalu, meningkat 41,9% dibandingkan dengan penjualan Desember 2011, dengan total penjualan 26.076 unit.
Sepanjang 2012, Toyota mengalami pertumbuhan penjualan di semua segmen, baik sedan, compact car, multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), 4x4, pick up, kendaraan 2 ton, maupun commercial van.
Pertumbuhan terbesar dicapai segmen compact car, berkat salah satu line up andalan, Toyota Yaris. Di segmen ini, total penjualan Toyota tercatat sebanyak 27.811 unit atau tumbuh 69% dibandingkan dengan 2011 sebanyak 16.454 unit.
Segmen sedan juga mengalami pertumbuhan signifikan pada 2012, berkat line up product seperti Toyota Vios, Toyota Corolla, Toyota Camry, maupun Toyota 86. Segmen sedan membukukan pertumbuhan 47,9% dengan total penjualan 19.363 unit.
Sementara itu, segmen MPV yang diwakili Avanza, Kijang Innova, NAV1, dan Alphard, menguatkan posisinya sebagai tulang punggung penjualan. Sepanjang tahun lalu, segmen ini tumbuh 22,7% dengan total penjualan 266.705 unit.
Toyota sebagai market leader di segmen MPV nasional pun semakin kental dengan bertambahnya line up product, MPV High Toyota NAV1. Kendati baru diluncurkan pada pekan kedua Desember 2012, mobil ini membukukan penjualan 40 unit pada bulan pertama peluncurannya.
Di segmen SUV, Toyota mencatatkan pertumbuhan 43,9% pada 2012 dengan total penjualan 53.724 unit. Di segmen ini, Toyota Rush melanjutkan posisinya sebagai tulang punggung dengan total penjualan 34.033 unit.
Secara total, penjualan Toyota di segmen kendaraan penumpang sepanjang tahun lalu tercatat sebanyak 369.195 unit atau tumbuh 29,4% dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya yang mencapai 285.282 unit.
Tak hanya mencatatkan pertumbuhan di segmen kendaraan penumpang, penjualan di segmen komersial pada tahun lalu juga menggembirakan. Segmen pick up yang diwakili Toyota Hilux tumbuh 50,7% dengan total penjualan 12.580 unit.
Adapun kendaraan niaga 2 ton, Toyota Dyna, membukukan penjualan total 23.079 unit atau tumbuh 35,4% dibandingkan dengan 2011. Sementara itu, commercial van Toyota HiAce yang baru diluncurkan pada kuartal IV 2012, mendapatkan respon positif dari pasar dengan torehan penjualan 560 unit.
Lihat Juga Informasi Harga, Promo, Diskon, Hadiah dan Produk Toyota lainnya :
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul TOYOTA AKHIRI 2012 DENGAN REKOR PENJUALAN 405.414 UNIT. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lampung-toyota.blogspot.com/2013/01/toyota-akhiri-2012-dengan-rekor.html. Terima kasih!
Ditulis oleh:
Unknown -
Belum ada komentar untuk "TOYOTA AKHIRI 2012 DENGAN REKOR PENJUALAN 405.414 UNIT"
Posting Komentar
Terimakasih atas Saran dan komentarnya